Halaman

Sabtu, 19 Januari 2013

KESALEHAN INDIVIDUAL DAN SOSIAL

KESALEHAN INDIVIDUAL DAN KESALEHAN SOSIAL


KESALEHAN INDIVIDUAL DAN KESALEHAN SOSIAL
Oleh diza
Ada orang berpendapat, biarkan saja orang lain berbuat durhaka, maksiyat dan dosa--dosa asal jangan kita. Tidak usah dicegah sebab nanti akan berbalik memusuhi kita dan kita akan dikucilkan, diboikot dll. Mengapa sikap-sikap itu terjadi di masyarakat Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim? Mari kita perhatikan kondisi masyarakat sekarang ini mengacu kepada ramalan Rasulullah saw.
Pembohong dipercaya, Yang jujur dikucilkan
سَيَاْتِي عَلَى النَاسِ سَنَوَاتٍ خِدَاعَاتٍ , يُصَدَّقُ فِيْهَا الْكَاذِبُ, وَيُكَذِبُ فِيْهَا الصَادِقُ, وَيُؤْتَمَنُ فِيْهَا
الخَائِنُ, وَيُخَوَّنُ فِيْهَا اْلأَمِيْنُ, وَيَنْطِقُ فِيْهَا الرُّوَيْبِضَةُ فِى أَمْرِ النَّاسِ
Rasulullah saw bersabda :”Kelak akan datang kepada ummat manusia berbagai penipuan selama bertahun-tahun. Orang yang dusta dikatakan benar (jujur). Orang jujur dikatakan dusta. Pengkhianat dikatakan pemegang amanat. Orang yang dipercaya (al-Amiin) dikatakan pengkhianat. Pada waktu itu akan ada seorang hina dina berbicara tentang urusan manusia (Sunan Ibnu Majah No.4036 dikutip dari Ujian Cobaan Ftnah dalam Da’wah oleh Dr.Abdul Qodir Abu Faris hal.165)
Tak peduli Halal Haram
Akibat kondisi sebagaimana diramalkan Rasulullah saw. itu, akan timbul di dalam memenuhi kepentingan, tidak peduli lagi baik dan buruk, halal atau haram, yang penting tujuan tercapai. Segaa cara boleh-boleh saja. Nabi bersabda :
لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِى المَرْءُ بِمَا أَخَذَ المَالَ مِنْ حَلاَلٍ اَمْ حَرَامٍ (ح.ر. البخارى)
Rasulullah saw bersabda :” Pasti akan datang suatu zaman kepada manusia, yaitu seseorang di dalam mencari harta tidak peduli lagi halal atau haram.” (HR Bukhari -dikutip dari Majalah Al-Lisaan No. 50 tgl. 5 Agustus 1940)
Sikap Egoisme
Sikap soleh sendiri, baik sendiri, bersih dan suci sendirian, ternyata tidak dibenarkan oleh Islam. Al-Quran dan Hadits memberitahukan kepada kita kesalehan individu harus dibarengi dengan kesalehan sosial. Jika tidak, bahayanya sangat besar bagi keseluruhan komunitas yang lebih besar yaitu bangsa dan Negara. Allah swt. menyatakan :
Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya Al-Anfal/8 : 25)
Hal tersebut dipertegas lagi dalam suatu hadits :
Membiarkan kedurhakaan, bencana akan menimpa yang soleh dan yang durhaka
اِنَّ الله َلاَ يُعَذِبُ الْعَامَّةَ بِعَمَلِ الخَاصَةِ حَتىَ يَرَوْا المُنْكَرَ بَيْنَ ظََهْرَنَيْهِمْ وَهُمْ قَادِرُوْنَ عَلَى اَنْ يُنْكِرُوْا فَلاَ يُنْكِرُوْنَهُ ، فَاِذَا فَعَلُوْا ذَالِكَ عَذَبَ اللهُ العَامَّةَ وَالخَاصَّةَ
Rasulullah saw bersabda :“Susungguhnya Allah tidak menyiksa semua orang akibat perbutan khusus sebagian orang, hingga mereka menyaksikan berbagai kemungkaran di hadapan mereka, mereka tidak mencegahnya padahal mereka mampu melalukan pencegahan itu, maka bila itu dilakukan, siksa Allah akan berlaku bagi semua orang”-Hadits dari ‘Adiy bin ‘Umairah – dikutip dari Terjemah Tafsir Almaraghi jilid 9 halan 158)
Bencana itu ditimpakan di dunia
مَامِنْ رَجُلٍ يَكُوْنُ فِي قَوْمٍ يَعْمَلُ فِيْهِمْ بِالْمَعَاصِيْ يَقْدِرُوْنَ اَنْ يُغَيِّرُوْا عَلَيْهِ ، فَلاَ يُغَيِّرُوْنَ اِلاَّ اَصَابَهُمُ اللهُ بِعِقَابٍ قَبْلَ اَنْ يَمُوْ تُوْا (رواه ابو داود)
Rasulullah bersabda:” Tiada seseorang yang melakukan berbagai kemaksiyatan di tengah-tengah suatu kaum sedang mereka mampu untuk mencegahnya namun tidak melakukannya, melainkan Allah akan menimpakan siksa atas mereka sebelum mereka mati (HR Abu Daud – dikutip dari Ringkasan Tafsir Ibnnu Katsir jilid II halaman 119)
Siksa di akhirat tergantung amal masing-masing
اِذَا اَنْزَلَ اللهُ بِقَوْمٍ عَذَابًا اَصَابَ الْعَذَابَ مَنْ كَانَ فِيْهِمْ ثُمَّ بُعِثُوْا نِيَاتِهِمْ (البخارى ومسلم)
Jikalau Allah swt bekehendak menimpakan siksa-Nya terhadap satu umat, maka siksaan itu menimpa semua orang yang ada di dlaam kaum itu, kemudian di akahirat akan dibalas sesuai dengan alanya masing-masing. (HR Bukhari dan Muslim)
Do’a tidak akan dikabulkan lagi
لَيْسَ مِنْ قَوْمٍ ِ يُعْمَلُ فِيْهِمْ بِمُنْكَرٍ وَيُفْسَدُ فِيْهِمْ بِقَبِيْحٍ فَلَمْ يُغَيِّرُوْهُ وَلَمْ يُنْكِرُوْهُ اِلاَّ حَقَّ
عَلَى اللهِ اَنْ يُعَمَّهُمْ بِالْعُقُوْبَةِ جَمِيْعًا ثُمَّ لَمْ يُسْتَجَابَ لَهُمْ (ح راحمد)
Rasulullah saw bersabda :”Apabila dalam suatu masyarakat merajalela perbuatan kemungkaran dan kedurhakaan/keburukan, tetapi mereka tidak mengubah dan melawannya, maka Allah Swt berhak menimpakan adzab-Nya (siksaan-Nya) kepada semua orang, kemudian do’a mereka tidak akan dikabulkan”. (HSR Ahmad)
Tidak akan ditolong dan dibantu
يَا اَيُّهَالنَاسُ ، اِنَّ اللهَ يَقُوْلُ لَكُمْ : مُرُّوْا بِالْمَعْرُوْفِ وَانْهَوْا عَنِ الْمُنْكَرِ قَبْلَ اَنْ تَدْعُوْا فَلاَ اُجِيْبَ لَكُمْ وَتَسْئَلُوْنِى فَلاَ أُعْطِيْتُمْ وَتَسْتَنْصِرُوْنىِ فَلاَ اَنْصُرْكُمْ
Rasullullah bersabda : "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Alah berfirman kepada kalian : Suruhlah orang-orang melalukan kebaikan dan mencegah kemungkaran, sebelum permintaan (doa) kalian tidak Aku perkenankan, dan permintaan kalian tidak akan Aku penuhi serta kalian minta tolong, tidak akan Aku bantu”.
Ringkasnya
Besar sekali bahaya hanya mementingkan soleh sendiri membiarkan orang lain celaka. Sebab jika kita perhatikan dalil-dalil tersebut di atas, baik dari Al-
Qur’an maupun Hadits, ternyata membiarkan kedurhakaan, membiarkan kemaksiyatan, membiarkan keburukan, padahal kita (baik secara pribadi, Pemimpin masyarakat terkecil RT/RW/Lurah/Kecamatanatau pemimpindengan skala lebih besar, seperti Pemimpin ormas hingga Pemimpin lembaga-lembaga tinggi Negara sampai ke Presiden) mampu mencegahnya namun tidak melakukannya, dampak yang akan kita terima adalah :
(1) Siksaan akan menimpa semua orang. Menimpa orang jahat dan menimpa orang soleh. Menimpa orang yang durhaka dan yang takwa (hadits ke 1).
(2) Siksaan, penderitaan atau kesengsaraan itu atau bencana itu, akan kita rasakan di dunia ini (hadits No 2).
(3) Do’a yang dimohonkan oleh orang-orang soleh, misalnya istighatsah, tidak akan dikabulkan (hadits No. 3).
(4) Bukan hanya do’a yang tidak diijabah, tetapi meminta apapun tidaka akan di penuhi dan minta tolong pun tidak akan ditolong (hadits ke 4)
Perilaku yang hanya ingin benar dan suci serta untung sendiri, dicontohkan oleh almarhum Da’i sejuta ummat, K.H.Zainudin MZ. Kata beliau :”Seperti kita hendak mengambil buah mangga. Lalu kita menaiki pohon mangga itu. Ditengah-tengah pohon, kita disengat semut. Kemudian kita turun lagi. Lalu ambil ijuk atau kayu bakar. Kemudian dibakarlah semua semut yang ada di situ. Semut-semut yang tidak menggigit pada berteriak. ”Saya kan tidak menggigit kamu. Kenapa saya dibakar? Akhirnya api tidak memilih-milih mana semut yang megggiigit dan mana semut yang tidak menggigit. Semua semut mati terbakar.” Itulah perumpamaan siksaan dan bencana. Tidak memililih dan memilah-milah mana yang salah dan mana yang soleh.
Betapa agungnya ajaran Islam. Mencela egoisme hingga ketingkat seperti itu.

Tidak ada komentar: