Laman

Selasa, 07 Februari 2012

TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI, MENGUNTUNGKAN ATAU MERUGIKAN?




    Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah diterapkan pada banyak bidang kehidupan, baik untuk aktivitas dikantor pemerintahan. perusahaan pabrik, industri, studio musik, rumah tangga, ataupun bidang lainnya.


   Berikut topik-topik yang akan saya sampaikan:
1. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Dampak penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.


1. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari


    Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memang luar biasa. Manusia juga berusaha menyempurnakannya. Para ahli mulai mereka-reka peralatan termasuk membuat robot yang dapat berkomunikasi dengan manusia. Kelak, kalau kalian menjadi ahli di bidang ini, kalian pun dapat meneruskan karya merka. Namun, mari kita tengok dulu berbagai macam penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah muncul dalam kehidupan kita. Apakah kalian dapat menyebutkan?


     a. Bidang Administrasi Perkantoran
   Teknologi informasi dan komunikasi memudahkan pekerjaan administrasi di kantor, seperti mengetik surat, menuyusun laporan keuangan. menghitung penjualan barang, dan sebagainya. Perangkat lunak (software) seperti Microsoft Word, Microsoft Exel, Microsoft Power Point, dan sebagainyatelah digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengelola kegiatan perkantoran mereka.


     b. Bidang Telekomunikasi
   Teknologi informasi dan komunikasi tentu saja berperan sangat besar bagi kenyamanan kita dalam menjalin komunikasi. saat ingin membuat janji dengan teman, kita dapat menggunakan telepon atau telepon seluler untuk menghubunginya.


    c. Bidang Perdagangan
   Jika kita pergi ke supermarket, kita dapat melihat para kasir sudah menggunakan alat bantu elektronik untuk mengetahui harga barang. Kasir tidak perlu lagi menggunakan tangan atau kalkulator untuk menghitung. Bahkan dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, seseorang yang akan membeli atau menjual sesuatu tidak perlu bertemu lagi dipasar, toko, warung atau tempat lain. Namun, cukup bertransaksi lewat internet. Kegiatan tersebut disebut dengan e-commerce atau perdagangan secara elektronik.

    d. Bidang Perbankan
   Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan banyak transaksi keuangan dilakukan lewat internet atau peralatan lain. Sekarang kita dapat mengirim atau menerima uang tanpa perlu bertemu dengan petugas bank. ATM telah menggantikan fungsi seorang teller (petugas penghitung uang di bank). sehingga kita dapat mengambil sejumlah uang kapan pun dibutuhkan.

2. Dampak penggunaan Teknologi Komunikasi dan Informasi


    Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang kehidupan manusia telah sangat luas. Peran ini tentu saja memiliki dampak yang sangat luas juga. Dampak adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat, baik itu positif maupun negatif. Dampak positif berarti pengaruh kuat yang bersifat baik, sedangkan dampak negatif adalah pengaruh kuat yang sifatnya tidak baik.

    a. Dampak Positif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
   Kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi telah banyak membantu kehidupan manusia. Brikut beberapa dampak positif dari penguasaan teknologi informasi dan komunikasi:

 - Komunikasi saat ini menjadi cepat, mudah dan murah.
 - Informasi sekarang menjadi mudah diakses.
 - Banyak pekerjaan bisa dilakukan denganlebih mudah dan praktis.
 - Manusia dapat menyerahkan sebagian pekerjaan yang bersifat rutin kepada komputer.
 - Manusia dapat mengembankan berbagai pengetahuan untuk lebih mengenal dunia dan alam semesta.

    b. Dampak Negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
   Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat hidup manusia. Namun, kemajuan teknologi ini juga membawa dampak negatif. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang perlu kalian perhatikan saat kalian asyik dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi:

 - Dampak pada kesehatan manusia (mata menjadi pedas, merah dan berair; Tangan pegal-pegal; Kepala pening)
 - Dampak pada interksi dengan orang lain.
 - Dampak pada kegiatan ekonomi.
 - Dampak pada pemerataan kesempatan memiliki komputer.
 - Dampak pada kerusakan komputer.
 - Timbulnya kejahatan komputer.
 - Dampak pada pelanggaran hak cipta.

Tidak ada komentar: