Halaman

Kamis, 12 April 2012

BAGAIMANA MERANCANG PEMBELAJARAN HOLISTIK

Kategori:Lainnya

1. Pahami isi kbk
2. Tentukan tema-tema berdasarkan kurikulum
3. Pemetaan kompetensi dasar, hasil belajar dan indikator dalam kurikulum sesuai tema
4. Membuat “web” (keterjalaan) berdasarkan kecakapan yang ingin dicapai atau berdasarkan sentra (tk)
 Keterjalaan berbagai bidang pengembangan dan sentra dilakukan setelah pemetaan kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikatornya disusun
 Keterjalaan biasanya disusun untuk perencanaan semesteran dan perencanaan mingguan
5. Perencanaan semester
 Perencanaan semester merupakan program pembelajaran yang berisi :
 Jaringan-jaringan tema yang ditata secara urut dan sistematis
 Alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema
alokasi waktu untuk setiap tema berbeda tergantung keluasan cakupan pembahasan tema
 Penyebaran tema untuk semester 1 dan 2
Pembelajaran tiap semester biasanya terdiri dari 5-6 tema yang tersebar dalam 17 minggu
6. Menjabarkan/menguraikan web menjadi skm
Menyusun perencanaan mingguan
 Perencanaan mingguan biasa disebut juga satuan kegiatan mingguan (skm)
 Skm berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam program semester
 Komponen skm :
1. Tema dan sub tema
2. Alokasi waktu
3. Aspek/komponen pengembangan
4. Kegiatan per aspek pengembangan
7. Tuangkan ke dalam skh/menyusun perencanaan harian
 Perencanaan harian disebut juga satuan kegiatan harian (skh)
 Merupakan penjabaran dari skm
 Memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama sehari
 Terdiri atas :
1. Kegiatan awal
2. Kegiatan inti
3. Istirahat
4. Kegiatan akhir
 Komponen skh :
• Hari, tanggal, waktu
• Indikator
• Kegiatan pembelajaran
• Alat/sumber belajar
• Penilaian
 Langkah-langkah pengembangan skh
1. Memilih indikator yang sesuai dalam skm untuk dimasukkan ke dalam skh
2. Merumuskan kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator yang dipilih
3. Memilah kegiatan ke dalam kegiatan awal, inti, dan akhir
4. Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran
5. Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indikator
Contoh jadwal kegiatan PG, TK A, TK B
08.00-08.10 berbaris
08.10-08.30 jurnal
08.30-08.40 do’a dan nyanyi
08.40-09.00 pilar karakter
09.00-09.30 makan bersama
09.30-10.00 bermain bebas
10.00-10.30 sentra 1
10.30-10.50 sentra 2
10.50-11.00 penutup, evaluasi, do’a

Tidak ada komentar: