Halaman

Kamis, 12 April 2012

PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN HOLISTIK

PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN HOLISTIK UNTUK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Kasus Pada Materi Fiqh di SMA ULUL ALBAB Sidoarjo)
Undergraduate Theses from JIPTIAIN / 2009-08-18 11:30:24
Oleh : Irani Rosadhi / D0 130 4236, IAIN Sunan Ampel
Dibuat : 2009-03-05, dengan 5 file

Keyword :
KONSEP PEMBELAJARAN HOLISTIK
Keberhasilan proses belajar mengajar tidak hanya dilihat dari hasil belajar tetapi juga di lihat dari segi prosesnya. Proses bekajar merupakan upaya untuk mengoptimalisasikan seluruh potensi yang dimiliki peserta didik untuk mengembangkan diri secara menyeluruh. Jadi hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu proses belajar, ini berarti optimalisasi hasil belajar tergantung pada proses belajar siswa dan proses mengajar guru. Oleh karenanya guru perlu merubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi dan eksploratif, mengeser teaching menjadi learning serta membuat siswa kreatif.



Akan tetapi kenyataan tidaklah demikian. Hal ini terkait dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas secara kaku yang syarat dengan target materi dan masih menitik beratkan pada kognitif yang mengutamakan tes sebagai tolak ukurnya. Dengan demikian pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi kehidupan siswa. Mata pelajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter pun seperti budi pekerti dan agama ternyata pada prakteknya lebih menekankan pada aspek kognitif saja. Pengajaran agama dan moral hanya sebagai ilmu pengetahuan, bukan sebagai tuntutan yang harus diamalkan. Padahal hakikat pembelajaran adalah proses memanusiakan manusia dengan hubungannya dengan masyarakat, lingkungan dan nilai-nilai spiritual. Maka di perlukan sebuah jalan keluar untuk mengatasi masalah ini.


Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Bagaimana konsep pembelajaran holistik ? (2) Bagaimana penerapan konsep pembelajaran holistik pada pendidikan agama Islam pada materi fiqh di SMA Ulul Albab Sepanjang Sidoarjo (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran holistik dan bagaimana upaya mengatasi hambatan-hambatan tersebut di SMA Ulul Albab Sepanjang Sidoarjo ?


Hasil dari rumusan masalah adalah penerapan konsep pembelajaran holistik dengan mengembangkan potensi sesuai dengan kebutuhan sekolah dan kegiatan yang dilakukan tidak hanya dengan satu macam kegiatan dan metode akan tetapi bisa dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan dan metode variatif. Bentuk pemberian pengalaman belajar pada dasarnya merupakan strategi dalam menerapkan konsep pembelajaran holistik, dimana bentuk pengalaman belajar tersebut tergantung pada ketrampilan dan kreatifitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran, serta keaktifan peserta didik dalam mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya.

Tidak ada komentar: