Halaman

Kamis, 12 April 2012

CIRI PEMBELAJARAN HOLISTIK

Paradigma holistik menekankan proses pendidikan dengan ciri-ciri sebagaiberikut:1) Tujuan pendidikan holistik mengintrodusir terbentuknya manusiaseutuhnya dan masyarakat seutuhnya.2) Materi pendidikan holistik mengandung kesatuan pendidikan jasmaniruhani,mengasah kecerdasan intelektual-spiritual (emosional) - ketrampilan, kesatuan materi pendidikan teoritis-praktis, kesatuan materipendidikan pribadi-sosial-ketuhanan3) Proses pendidikan holistik mengutamakan kesatuan kepentingan anakdidik-masyarakat.4) Evaluasi pendidikan holistik mementingkan tercapainya perkembangananak didik dalam bidang penguasaan ilmu-sikap-tingkahlakuketrampilan.10Paradigma holistik di atas sesuai dengan amanat undang-undang No20 Tahun 2003 pasal 3, konsep pendidikan yang harus dijalankan adalahholistik karena bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agarmenjadi manusia yang b e r i m an d a n b e r t a q w a t e r h a d a p T u h a n Y a n g Ma h a E a ,b e r a k h l a k m u l i a, s e h a t , b e r i l m u , c a k a p , k r e a t i f , m a n d i r i d a n m e n j a d i w a r g a N e g a r a y ang demokratis serta tanggung jawab.

1 komentar:

Dr. Ida Rianawaty, S.Si.,M.Pd. mengatakan...

Boleh minta referensi utama pendidikan holistik? idarianawaty@yahoo.co.id