Paradigma holistik menekankan proses pendidikan dengan ciri-ciri
sebagaiberikut:1) Tujuan pendidikan holistik mengintrodusir terbentuknya
manusiaseutuhnya dan masyarakat seutuhnya.2) Materi pendidikan holistik
mengandung kesatuan pendidikan jasmaniruhani,mengasah kecerdasan
intelektual-spiritual (emosional) - ketrampilan, kesatuan materi
pendidikan teoritis-praktis, kesatuan materipendidikan
pribadi-sosial-ketuhanan3) Proses pendidikan holistik mengutamakan
kesatuan kepentingan anakdidik-masyarakat.4) Evaluasi pendidikan
holistik mementingkan tercapainya perkembangananak didik dalam bidang
penguasaan ilmu-sikap-tingkahlakuketrampilan.10Paradigma holistik di
atas sesuai dengan amanat undang-undang No20 Tahun 2003 pasal 3, konsep
pendidikan yang harus dijalankan adalahholistik karena bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agarmenjadi manusia yang b e r i m
an d a n b e r t a q w a t e r h a d a p T u h a n Y a n g Ma h a
E a ,b e r a k h l a k m u l i a, s e h a t , b e r i l m u , c a
k a p , k r e a t i f , m a n d i r i d a n m e n j a d i w a r
g a N e g a r a y ang demokratis serta tanggung jawab.
1 komentar:
Boleh minta referensi utama pendidikan holistik? idarianawaty@yahoo.co.id
Posting Komentar